No | Tanggapan dari | Isi Tanggapan | Tindak Lanjut |
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11. | Ka Dinas Pendidikan (diwakili) Ketua MKKS (Ka SMPN 1) Dewan Pendidikan Ka.LPMP Bappeda Depag Pengawas MGMP (SMAN 1) KKG ( SDN 37) Ka. LPMP Ka.Dinas Pendidikan | Tujuan yg sama ingin meningkatkan mutu pendidikan dari tingkat DIKDASMEN. Supaya dilaksanakan tes khusus untuk melihat sejauh mana kompetensi guru, kemudian diadakan analisis ada di level mana guru-guru tsb. Hasil analisis dimohonkan kepada LPMP untuk mengadakan pelatihan-pelatihan. Untuk pelatihan selanjutnya bisa diadakan di kabupaten sendiri. Agar pelaksanaan pelatihan yang sering dilakukan LPMP pesertanya bisa ada pemerataan, tidak di donimasi oleh orang-orang itu saja. Karena masih banyak guru-guru yang belum tersentuh. Terus terobsesi untuk meningkatkan pendidikan daerah Belitung khususnya, Babel pada umumnya. Tugas dinas pendidikan untuk mengkaji kelemahan dan mencari solusinya. Untuk LPMP agar diadakan kembali diskusi, satukan hati untuk memecahkan masalah Babel (kumpulkan unsur yang terkait). Nanti akan diadakan TNA sehingga kita punya data guru dan mata pelajaran yang diajarkan, guna pemetaan kompetensi guru. Untuk penunjukan nama peserta pelatihan diserahkan kepada dinas pendidikan kab/kota, LPMP tidak punya data jadi nanti perlu kerja sama dgn dinas agar ada pemerataan sehingga nanti kita buatkan data guru-guru tsb ada dikelompok mana. Untuk melaksanakan LPMP tidak punya dana maka perlu dilakukan sharing dana dengan Dinas Pendidikan. Menanggapi hasil kajian ternyata ada benang merah maka perlu peningkatan SDM, Sarana dan Prasarana. Di Kabupaten Belitung ada dana besar untuk meningkatan sarana dan prasarana maka kiranya perlu kerja sama dengan PEMDA dan Dinas Pendidikan. Mohon kepada LPMP setiap ada informasi tentang pendidikan di BABEL di informasikan juga kepada BAPPEDA. Menanggapi situasi pendidikan yang memprihatinkan maka kita harus cepat mengambil tindakan guna meningkatkan kualitas mengingat tidak satupun guru yang memiliki nilai kompetensi A. Kita akan adakan pembicaraan lebih lanjut untuk pemecahan masalah pendidikan. Untuk informasi tahun 2004 – 2006 dilaksanakan UT PGSD dan sudah meluluskan 50 orang guru. Lulusan S1 belum menjadi jaminan, namun ada perubahan pola/cara mengajar oleh guru. Perlu ada Rolling terhadap guru-guru agar tidak jenuh dalam 1 sekolah. Dalam program Revitalisasi MGMP tidak terbatas pada mata pelajaran tertentu tapi semua perlu diimbaskan. Untuk program kedepan bisa diaplikasikan pada mata pelajaran yang lain Berkaitan dengan 8 Standar Pendidikan Nasional dan berkaitan dengan status sekolah dan guru. MGMP dituntut untuk meningkatkan kualitas, harapan. Bagaimana upaya LPMP untuk memperlancar (moril/materi) 8 Standar Nasional tadi terpenuhi. Guru SD sudah berupaya meningkatkan mutu dengan memberikan Les tambahan untuk kelas 1 – 5, namun terbentur oleh tugas-tugas administrasi. Kesulitan sekolah,untuk pel penjas tidak ada buku paket khusus untuk olahraganya. Pelatihan guru Penjas yg tidak berlatar Penjas agar terus ada diprogramkan setiap tahun. Agar ada penerimaan guru bahasa Inggris. Agar ada pertemuan KKG untuk mata pelajaran yang lain. Program sekolah berstandar nasional ada dibawah Mendikdasmen sementara LPMP ada dibawah MPTK dan LPMP belum bernah diajak atau disentuh namun nanti akan diupayakan agar LPMP dilibatkan. Mudah-mudahan program Guru Penjas masih terus bisa dilanjutkan karena sudah diprogramkan. Untuk Mulok bahasa Inggris hanya dikhususkan pada guru mata pelajaran sehingga tidak perlu mengangkat guru bahasa Inggris untuk PNS namun bisa diambil dari guru bahasa Inggris SMP, karena fokus LPMP pada uji sertifikasi yang mewajibkan guru mengajar 24 jam untuk memenuhi kewajiban mengajar tersebut guru bahasa Inggris di SMP mencari jam tambahan di SD. Perlu ditanamkan sikap mental guru karena kalau PBM baik hasilnya akan semakin baik. Kondisi guru sekarang sudah jauh lebih baik dengan adanya berbagai macam tunjangan. Masih diragukan adalah korelasi positif dengan sikap mental guru . Untuk menganalisa hasil UN akan dibentuk TIM Pengkajian menyeluruh, dianalisis apa saja permasalahan, mudah-mudahan akan meningkatkan hasil pendidikan. Nilai bahasa Inggris tidak bagus dikarenakan para murid diajar oleh guru yang bukan berpendidikan bahasa Inggris. Untuk mulok tidak mesti harus bahasa Inggris. Hasil ujian di kab Belitung terlihat menurun, ini yang harus diperbaiki adalah diri kita sendiri, baik dari segi guru maupun sarana dan prasarana. | |
0 comments:
Posting Komentar