Blogroll

Jumat, 06 September 2013

Teknik Dasar Bola Voli

http://sportjuan86.blogspot.com/2013/09/teknik-dasar-bola-voli.html

Teknik Dasar Bola Voli

        Teknik dalam permainan bola voli dapat diartikan sebagai cara memainkan bola dengan efisien dan efektif sesuai dengan peraturan permainan yang berlaku untuk mencapai suatu has ail yang optimal.
    Tujuan permainan bola voli adalah memperagakan teknik dan taktik memainkan bola di lapangan untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan. Teknik dasar memainkan bola voli yang harus ditingkatkan keterampilannya adalah passing bawah, passing atas, smash atau spike, servis dan bendungan (block).
a.    Gerak dasar tanpa bola
Gerak dasar lokomotif yang menjadi landasan bagi pelaksaan teknik dasar bola voli antara lain:
1)   Gerak dasar bergerak maju
2)   Gerak dasar bergerak mundur
3)   Gerak dasar bergerak ke samping kiri/kanan, dan
4)   Gerak dasar melompat
b.   Gerak dasar dengan bola
Gerak dasar tanpa bola dan dengan bola, pada dasarnya merupakan satu kesatuan dalam satu rangkaian gerakan. Gerak dasar tanpa bola dilaksanakan sebagai persiapan untuk melakukan gerak dasar dengan bola. Gerak dasar dengan bola meliputi servis, oper (passing), umpan (set-up), smash (spike) dan bendungan (block).
1)      Servis
Servis adalah tindakan memukul bola oleh seorang pemain belakang yang dilakukan dari daerah servis, langsung ke lapangan lawan. Servis merupakan aksi untuk memasukkanbola ke dalam permainan. Keberhasilan suatu servis tergantung pada kecepatan bola, jalan dan perputaran bola serta penempatan bola ke tempat kosong, kepada pemain garis belakang kepada pemain yang melakukan perpindahan tempat.
·    Servis bawah
·    Servis atas (jumping smash)
2)      Passing
Passing dalam permainan bola voli adalah usaha atau upaya seorang pemain bola voli dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah untuk mengoperkan bola yang dimainkannya itu kepada teman seregunya,untuk dimainkan dilapangan sendiri.
Bentuk-bentuk teknik passing terdiri atas:
·    Passing bawah
·    Passing atas

0 comments:

Posting Komentar