Blogroll

Selasa, 03 September 2013

Pengertian Olahraga

Pengertian Olahraga
 Olahraga adalah aktivitas gerak manusia menurut teknik tertentu dalam pelaksanaannya ada unsur bermain: Ada rasa senang, dilakukan diwaktu luang, aktivitas bias dipilih (sukarela), kepuasan dalam proses, jika tidak dilaksanakan ada sanksi dan nilai positif.
Kesegaran Jasmani adalah aktivitas yang dilakukan dengan kemampuannya sendiri sehingga tidak menimbulkan lelah. Olahraga merupakan aktivitas yang sangat penting untuk mempertahankan kebugaran seseorang. Olahraga juga merupakan salah satu metode penting untuk mereduksi stress. Olahraga juga merupakan suatu perilaku aktif yang menggiatkan metabolism dan mempengaruhi fungsi kelenjar didalam tubuh untuk memproduksi system kekebalan tubuh dalam upaya mempertahankan tubuh darl gangguan penyakit serta stress.
Oleh karena itu, sangat dianjurkan kepada setiap orang untuk melakukan kegiatan olahraga secara rutin dan terstruktur dengan baik.
Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (mempertahankan hidup dan meningkatkan kemampuan gerak meningkatkan kualitas hidup). Seperti halnya makan, olahraga merupakan kebutuhan hidup yang sifatnya periodic; artinya olahraga sebagai alat untuk memelihara dan membina kesehatan, tidak dapat ditinggalkan.
Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani dan social. Olahraga dari fenomena pendidikan, tatkala manusia dirangsang agar mampu.
Berolahraga. Bagi Grupe & Kruger (1994), pedagogi olahraga mencakup dua hal utama:
1.    Tindakan pendidikan praktis dalam bermain dan berolahraga, dan karena itu ada landasan teoritis bagi kegiatan olahraga yang mengandung maksud mendidik tersebut, dan
2.    Praktik yang dimaksud berbeda dengan praktik dan konsep lama dalam pendidikan jasmani yang mengutamakan latihan gaya militer dan drill di beberapa Negara, khususnya di Jerman; Praktik baru itu disertai konsep teoritis pendidikan jasmani, control terhadap badan dan disiplin, yang menyatu dengan gerak fisik, ability dan ketrampilan dibawah pengendalian jiwa dan kemauan.

0 comments:

Posting Komentar