Blogroll

Jumat, 06 September 2013

BOLA VOLI

http://sportjuan86.blogspot.com/2013/09/bola-voli.html

BOLA VOLI

Pengertian Bola Voli
       Permainan bola voli cukup dikenal di Indonesia. Bola voli dimainkan oleh dua regu yang tiap regu terdiri atas enam pemain. Tiap regu berusaha menempatkan bola di daerah lawan agar dapat angka (point). Regu pertama yang mencapai angka 25 adalah regu yang menang.
Peraturan Permainan Bola Voli
a.    Regu
Komposisi dan registrasi
1) Satu regu terdiri maksimal 12 pemain, seorang pelatih (coach), seorang asisten pelatih, seorang trainer, dan seorang dokter medis.
2) Dan setiap regu berhak mandaftarkan satu pemain khusus bertahan (defensive player) yaitu “Libero” diantara 12 pemain yang terdaftar.
b.    Perlengkapan pemain
Perlengkapan
·     Perlengkapan pemain terdiri atas baju, celana pendek dan sepatu olahraga.
·  Baju, celana pendek dan kaos kaki harusseragam, bersih dan berwarna sama untuk satu regu, kecuali untuk pemain libero.
·    Sepatu harus ringan dan lentur dengan sol dari karet atau kulit tanpa hak.
·   Baju pemain harus bernomor dari 1 – 18, nomor harus ditempatkan pada baigan tengah depan dan belakang, nomor harus berwarna kontras dengan baju, berukuran 15 cm pada bagian dada dan 20 cm pada bagian punggung, lebar garis yang membentuk nomor minimal 2 cm.
Benda dan seragam yang terlarang
· Pemain dilarang memakai benda-benda yang memungkinkan terjadinya luka-luka, seperti perhiasan, peniti, gelang, pembalut dari gips dan lainnya.
·    Para pemain boleh memakai kacamata dengan resiko sendiri.
·  Pemain dilarang memakai seragam tanpa nomor yang resmi atau warna yang berbeda dari pemain seregunya, kecuali pemain libero.
Lapangan dan Bola yang Digunakan
a.    Lapangan
Panjang: 18 m
Lebar: 9 m
Garis Serang: 3 m
b.    Bola
Bahan: Kulit
Keliling: 65-67 cm
Berat: 200-280 gram
(Catatan: Tinggi net, Putera: 2,43 m dan Puteri: 2,24 m)

0 comments:

Posting Komentar